Hobby and Life Style from Graha Kamal Madura

By: HIRVY NURUL ANWAR. Powered by Blogger.

Gerhana Matahari 9 Maret 2016

Waah , Tanggal 9 maret 2016 ini pasti merupakan hari yang lumayan bersejarah nih... yap, pasalnya, seluruh warga Indonesia, bahkan dunia sekalipun, digemparkan dengan peristiwa Gerhana Matahari Total yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Kabarnya, fenomena alam yang langka ini akan dapat disaksikan di Palembang, Bangka Belitung, Sampit, Palangkaraya, Luwuk, Ternate, Tidore, Palu, Poso dan Halmahera. Selain daerah-daerah yang saya sebutkan di atas tentu saja masih dapat menyaksikan gerhana matahari sebagian secara langsung atau melalui televisi.
Televisi ? ya, Media yang satu ini seakan-akan tidak ingin ketinggalan euforia gerhana matahari yang terjadi puluhan bahkan ratusan tahun sekali ini. Beberapa Stasiun Televisi menyiarkan secara langsung detik-detik menjelang gerhana matahari sampai gerhana matahari tersebut usai (buat kejar rating pastinya).
Bagaimana dengan saya?
Saya sendiri tentu saja tidak ingin melewatkan momen langka ini. Sebagai umat muslim (maaf, tidak bermaksud rasis atau apalah), kami diajarkan untuk melaksanakan shalat 2 rakaat untuk memperingati gerhana matahari, shalat ini biasanya disebut shalat kusuf (shalat gerhana). Tata cara shalatnya agak berbeda dengan yang biasanya. Perbedaannya terletak pada jumlah ruku' dalam shalat tersebut. Jika shalat pada umumnya terdiri dari 1 ruku' pada setiap rakaatnya, shalat kusuf memiliki 2 kali ruku' di setiap rakaatnya. Jadi karena ada 2 rakaat, berarti ada 4 kali ruku' dalam shalat kusuf. Niatnya pun hampir sama dengan niat shalat pada umumnya, yaitu: ushalli sunnatan likusufi shamsyi rak'ataini (ma'muman/imaman) lillahi ta'ala. Dan juga shalat kusuf ini ada khutbahnya setelah shalat. Bagi saya, shalat kusuf lebih saya perioritaskan daripada menonton acara gerhana matahari live di televisi atau melihat secara langsung.
Mengapa?
Karena solat gerhana ini adalah momen yang amat sangat langka, bisa jadi ini adalah shalat gerhana pertama dan terakhir dalam hidup saya. Masalah nonton acara gerhana matahari di televisi, itu kan hanya ingin tahu seperti apa bentuknya matahari ketika tertutup bulan, jadi saya tidak harus menontonnya secara live, saya bisa cari videonya di youtube. Dan alhamdulillah, tadi pagi setelah shalat kusuf, saya masih sempat menikmati sebagian wajah matahari yang tertutup oleh bulan langsung dan cukup jelas ketika langit sedikit berawan.
Selain gerhana matahari total, 9 maret ini juga merupakan peringatan hari nyepi. Karena saya tidak tahu informasi cukup banyak tentang nyepi, saya tidak berani menulis apapun tentang nyepi, hehehe
Oke, Sekian dari saya, selamat beraktifitas dan selamat merayakan hari raya Nyepi bagi yang merayakannya. Terima kasih sudah mampir di blog saya ini , jangan pernah bosan ya ^^
Tag : Artikel, My Live, News
0 Komentar untuk "Gerhana Matahari 9 Maret 2016"

Back To Top