Hobby and Life Style from Graha Kamal Madura

By: HIRVY NURUL ANWAR. Powered by Blogger.

Tips Bangun Subuh

Selamat pagi kawan kawan semua. Sepertinya memang sudah lama saya tidak menulis di blog tercinta saya ini. Kali ini saya akan berbagi tips Bagaimana agar bisa bangun subuh.
1
Ibadah solat lima waktu adalah kegiatan wajib yang harus dilakukan setiap muslim, diantaranya adalah subuh, dzuhur, ashar, maghrib, dan isya. Salah satu dari solat lima waktu tersebut yang sulit dikkerjakan adalah solat subuh. Hal ini dikarenakan waktu subuh terletak pada waktu dimana matahari belum terbit, dengan kata lain pada waktu orang sedang terlelap dalam tidurnya, yaitu sekitar pukul 3 sampai 4 pagi. Sulit dikerjakan bukan berarti tidak bisa. Banyak sekali orang yang bisa mengerjakannya, tentunya mereka bisa karena terbiasa. Namun bagi yang masih belum terbiasa, ada beberapa cara agar anda bsa bangun untuk beribadah subuh. Berikut ini penjelasannya:

1. Niat dan do'a

Niat adalah hal yang paling pokok agar anda bisa bangun subuh. Dengan niat, anda bisa termotivasi secara psikis agar otak memerintahkan kita bangun subuh. Selain niat, do'a juga harus anda lakukan ketika sebelum tidur agar mendapat pertolongan Allah SWT untuk dibangunkan subuh. Berdoalah agar dibangunkan pada waktu subuh, insyaallah akan ada cara tersendiri bagi anda untuk bangun.

2. Wudhu sebelum tidur

Berwudhu sebelum tidur juga dipercaya dapat melindungi jiwa dan raga anda ketika tidur dari godaan setan. Dengan berwudhu, jiwa raga anda dalam keadaan suci dan insyaallah setan tidak bisa menghasut anda agar kembali tidur ketika sudah bangun nanti. Salah satu keistimewaan wudhu sebelum tidur adalah jika seandainya kita meninggal dunia ketika tidur dalam keadaan punya wudhu, insyaallah kita dicatat sebegai orang yang mati syahid.

3. Pasang Alarm

Ikhtiar berikutnya adalah dengan cara memasang alarm. Hal ini mungkin sederhana bagi sebagian orang, namun tidak ada salahnya bagi kita untuk berikhtiar agar bisa bangun.

4. Jangan tidur terlalu malam

Agar waktu tidur kita cukup, usahakan jangan tidur terlalu malam. targetkan maksimal jam 22.00 WIB anda sudah harus tidur. Tinggalkan sesuatu yang kurang bermanfaat pada waktu menjelang tidur malam karena itu bisa membuat waktu tidur kita tertunda dan akan sulit bangun keesokan harinya.

5. Minta dibangunkan teman

Jika cara-cara diatas masih belum cukup ampuh, maka cara selajutnya adalah meminta tolong teman untuk membangunkan. Tentu saja anda harus meminta tolong pada teman yang sudah terbiasa bangun subuh.

6. Ajak teman

Dan yang terakhir, ketika anda sudah terbiasa bangun subuh, jangan lupa ajak teman yang lain untuk beribadah. Karena ini adalah salah satu bentuk syiar Islam.

Oke, sekian dulu tips-tips dari saya. Semoga kualitas ibadah kita senantiasa bertambah. mohon maaf apabila terdapat kesalahan, wassalam.
Tag : Tips n Trik
0 Komentar untuk "Tips Bangun Subuh"

Back To Top